Perjuangan (menjadi) Ibu Part-2

Hai, menyambung tulisanku sebelumnya, tulisaku kali ini masih akan berhubungan dengan perjuangan menjadi seorang Ibu. Bagi orang yang promil (program hamil ya, bukan program militer) apalagi promil dalam waktu yang lama, biasanya sudah melakukan beberapa usaha untuk promilnya tersebut.

Kenapa kali ini pengen nulis ini, karena hampir setiap orang pas setiap nanya tentang “sudah isi apa belum?” pasti dibuntuti dengan “sudah berapa lama nikah, dan sudah usaha apa aja?“. Menjelaskan apa aja usahaku, bukan buat pamer ya, tapi lebih ke buat referensi. Sekaligus untuk pengingat saat Aq sudah berhasil nanti (aamiin..). Jadi Aq bisa cerita ke anakku bagaimana kami memperjuangkannya.

Here we go..

Program hamil dengan medis, Yess, penjelasannya seperti di postinganku sebelumnya ya.

Terapi pijat, Kebanyakan orang “tua” menyarankan pijat ke tukang pijat yang kondang dalam menangani isu bikin anak. Sudah kucoba mulai dari pijat mbok2, mbak2, sampe pijat refleksi untuk kesuburan yang sudah berkali-kali banget, bahkan sampe ke terapis fisiologis yang nanganin atlet.

Namun ternyata setelah Aq ke dokter kandunganku yang terakhir ini, beliau menjelaskan dan mewanti-wanti bahwa jangan sekali-kali pijat perut, bahaya! Lhah sudah terlanjur, yasudahlah.

Accupressure. Sekitar sebulan-dua bulan lalu Aq dan Erik mencoba berobat alternatif di Sinshe Tionghoa gitu di Blitar. Berawal dari sharing tetanggaku yang konon berhasil mempunyai momongan setelah terapi ke situ. Ini

Pengobatannya dimulai dari observasi yang dengan cara lihat kuping. kemudian menekan titik-titik syaraf di kuping tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan entah observasi atau sudah ke pengobatan ya, dengan tenaga dalam. Jadi saya tiduran dan si sinshe tangannya di atas saya sekitar 50cm ngambang gitu. Walaupun gak nyentuh langsung melainkan ada jarak 50an cm, tapi berasa anget. Nah terakhir sinshe nya mijat bagian punggung bawah. Berobat di sini gak sakit sih, habis dipijat enak banget, trus malemnya tidur lasti pules. Relaks kali ya..

Akupuntur. Heii..tahukah kamu bahwa ini adalah prestasi terbesarku? Yak, dari SD paling takut sama jarum,dan metode2 medis yang “menyakitkan”. Dari jaman SD setiap mau imunisasi selalu drama. Bahkan Aq gak ngerti golongan darahku smpe pas Aq kerja, akrena takut diperiksa. Trus, tiap tahun medical check up rutin di kantor, tetap drama, seruangan pasti heboh. Yah, seringnya sih pas medical check up berakhir dengan nangis saking ketakutannya.

Aiguilles_d_acupuncture_en_eventail.dsc02258.cropped+contrast

So, pas ditusuk jarum akupunktur dah gak takut? siapa bilang..hahaha tetep lah heboh jerit-jerit hahaha. Tapi pertemuan kedua udah agak tenang sih.

Di terapi ini tujuannya menyeimbangkan hormon2 dan aliran chi dalam tubuh. Bagian yang ditusuk adalah syaraf2 yang berhubungan dengan reproduksi. ada sekitar 10-12an jarum yang ditusukkan. Di kaki, perut, sama tangan.

Herbal, Obat2an herbal yang disarankan orang dan artikel2 tak luput dari percobaan kami. Kalo boleh disebutkan contohnya kurma. Mulai dari kurma mentah, kurma muda, baby kurma, bubuk kurma sudah semua. Bahkan sampe Aq makan biji2an makanan merpati di Arab sono saking konon berkhasiat. Herbal paling populer Habbatussauda pastinya udah pernah kami coba. Madu mulai dari madu biasa sampe madu yang punya judul “Madu Penyubur” pun sudah. Dan pernah juga Aq minum Kapsul Whulandari yang konon berkat pengalaman pribadi Martha Tilaar yang sudah 11 tahun berumah tangga dan berobat keliling dunia belum berhasil juga, sampe akhirnya dirawat enenknya dengan resep tradisional keraton, dan taraa berhasil. Aq coba minum kapsul atau tablet atau pil (lupa bentuknya) yang cukuo langka itu. Ternyata hasilnya malah deg2an, kuhentikan lah daripada kenapa-napa.

Makanan yang konon bisa membantu kesuburan Toge atau kecambah? ahahhaaha dah tiap hari, tiap pagi Aq dah konsumsi toge mentah dan mateng. Yak literally tiap hari, dan toge doang.  Bukan sayur yang ada toge nya sebagai penghias yaa. pecelnya itu sayurnya cuma terdiri dari toge mateng dan toge mentah plus kemangi. Kalau orang lain sarapan bubur ayam, Aq tiap hari nogeee (kecuali puasa).

Konsumsi jus buah kundur juga pernah, jus 3 diva, buah2an merah. Check! Uwis kabeh

Diet pedas. Iyee..udah.. Begitu tahu bahwa Aq belum punya baby, biasanya orang yang kukenal, dengan sangat yakinnya bilang: “kurangin tuh pedesnyaa..!”. Memang sebelumnya Aq penggila pedas. Sukak bangettt, sampe rasanya gak doyan makan kalogak pedes. Tetep kurturutin saran itu, tingkat kepedesanku berkurang drastis. Sekarang Aq masih doyan pedes sih, tapi normal. Seriously takaran normal. Gak nambah2 macem dulu.

Olahraga. Aq ikut kelas yoga, trus berusaha olahraga rutin setiap minggunya. Selain senam ringan yang diajarkan sinshe. Walau kadang olahraganya kadang2an yah..anget2 kukunya ayam. Tapi dah jauh lebih mending daripada enggak sama sekali.

Oiya walaupun yang kutulis ini macemnya banyak (aslinya lebih banyak, cuman Aq pelupa) bukan berarti Aq coba-coba. Namanya terapi moms..itu proses, promil itu program. Jadi pas Aq bilang misal minum jus buah kundur, itu bukan berarti  sekali coba minum, trus bilang “Horee..Aq udah pernah!”, melainkan tiap hari, buahnya nyetok di kulkas tiap hari ngejus. Minum habatussauda ntah berapa bulan lamanya sampe kalo sendawa berasa nafas baunya habbat wkwkwk. Makan toge seperti yang kutulis, tiap hari, hampir setahun ini 10 bulan to be exact. Sampe-sampe temen2 kantor kalo lihat Aq lagi sarapan di pantry mereka gak perlu nanya, cuman bilang aja “pasti pecel lagi, kok gak bosen sih!?”

Okay sekian dulu tulisanku yaak..walaupun dalam keadaan kekenyangan habis makan lontong tahu Blora, dan dengan internet yang galau, tetap kuselesaikan tulisan ini karna #yucarajinnulis.

18772641025_4aaa8e6735

Karna kalo nulis dalam keadaan syantiik..sambil ngopi2 asik itu gamoang. Yang menantang adalah menulis disempetkan dalam berbagai keadaan.

See you on next post

-Yuca-

The Power of Empong

Perjuangan (Menjadi) Seorang Ibu

Siapa sih yang gak tahu bagaimana kasih sayang ibu ke anak-anaknya sepanjang jaman, tak terbatas waktu. Paling sering dibahas adalah bagaimana pengorbanan Ibu mengandung selama 9 bulan. Mengandung 9 bulan lamanya tentu bukan perkara mudah. Selain beban berat yang harus digembol kemana-mana, pengaruh hormonal yang selain mempengaruhi badan juga pasti memepengaruhi mood. Belum lagi kaki bengkak baju kudu beli baru lagi. Plus kuatir, abis lairan masih bisa pake baju size lama gak ya.

Sudahlah hamil itu perlu perjuangan, jangan dikira setelah lahiran tanpa beban. Hari gini boo’ era media sosial orang banyak cakap kurang mikir perasaan orang lain. Yang lahiran caesar dan yang alami pun diperdebatkan. Manapun itu, saya yakin perjuangannya luar biasa. Butuh persiapan mental yamg prima menghadapi hari besar bersejarah di hidup seorang ibu dan anak. Masih tega gitu, komenin “manja, paling gak mau sakit doang”. Ini urusan hidup mati man..! Jangan mengecilkan perjuangan seorang ibu dengan komentar menyakitkan yak!

Sok tau bener ya kali ini Aq nulisnya. Hamil aja blom pernah, dah sok2an, cem betool aja tahu kondisi ibu2. Sebenernya ini karna banyak mengamati lini masa per-medsos-an, plus sering update group emak2, supermommymums hahaha.

Okay kali ini Aq akan nulis tentang pengorbanan untuk menjadi ibu. Siapa sangka, bagi beberapa orang, perjuangan seorang ibu bukan dimulai dari mengandung, namun jauh sebelum itu. Hehehe ini bukan tentang perjuangan mencari jodoh ya mblo. hehehe.

9768699172_6ba7b39553_z

Bagi pasangan menikah yang belum kunjung hamil, perjuangan tidaklah bisa dibilang mudah. Di dunia nyata dan maya yang penuh dengan tanya. Iya, orang2 kita emang hobby kali nanya tentang anak. Ah sudahlah, saya akan menceritakan curhatan nyinyir saya di postingan mendatang. Kali ini lebih ke perjuangan secara medis aja.

Jadi bagi pasangan yang sedang trying to conceive, biasanya selain rajin berusaha dan berdoa, juga harus ke dokter dan pengobatan alternatif. Pas di dokter, pemeriksaannya sendiri cukup bikin ngilu2 sedap. Dan dalam setiap usahanya, yang ngrasain sakit pasti cewek. Kok bisa? yak. Di pemeriksaan pertama untuk program hamil, biasanya cewek akan di-USG. Bisa usg biasa yg cuma elus2 perut, atau USG transvaginal untuk lihat kondisi telur. (Maaf sebenernya agak risi sih ya kalo dibahas tentang USG itu, mungkin dilihat sebagai perbincangan dari sisi media aja ya, biar gak tabu2 amat). Sakit sih enggak, tapi ngilu iya. Malu? jangan ditanya. Dan itu bisa 2x dalam sebulan.

Pemeriksaan pertama untuk lihat kondisi rahim dan telur di awal program. Selanjutnya akan diberi obat yang diminum di hari kedua haid selama 5-6hari berturut-turut. Obatnya sih kecil ukurannya. Tapi di badan bisa gede. Maksudnya? iya bisa bikin gendut. Mangkanya dah 3 tahun promil berat badanku naik 12 kilo. Yang bahkan penambahan berat badanku ini lebih berat dibanding temanku yang hamil. Fine, promil berubah menjadi prondut.

Selesai minum obat sesuai jadwal, di hari yang ditentukan dokter kita harus kontrol. USG lagi boo’! Ngilu lagi! Pas USG itu dilihat apakah telur kita udah gede2 seperti yang diharapkan, trus dikasi tahu kapan waktu yang tepat untuk berhubungan, mempertimbangkan siklus dan kematangan telur tadi. Proses yang kusebutkan tadi adalah promil alami ya..yang normal banget.

Beberapa dokter (seperti pengalaman pas di Medan), mereka mensyaratkan tes menyeluruh sebelum memulai promil. Mulai dari tes darah yang banyak banget yang di tes dan mahal. Juga tes HSG untuk melihat gambar saluran reproduksi kita, apakah di saluran reproduksi kita ada sumbatan (juga lumayan mahal).
Tes HSG nya sendiri guys, alamakjaang..sungguhlah bikin syok, sumpah, sampe sekarang Aq masi trauma. Buat gambaran nih, kalo foto rontgen paru thorax seperti biasanya kita medical check tahunan kan santai ya..cukup berdiri..cekrek..selesai. Blass gak ada rasanya. HSG beda.. Kita dibobokkan di satu papan pemotretan. Macam di meja operasi dah. Serem. Udah gitu kita akan berkenalan dengan yang namanya cocor bebek, yang masangnya doang ngilu nya bukan main. Habis itu petugas akan menyemprotkan cairan obat yang fungsinya supaya cairan tersebut bisa mengalir memenuhi saluran reproduksi dan saluran tersebut bisa difoto. Rasanyaaa…sakiit ngilu kaya nyeri haid tapi berasa banget. Apalagi kalo sempat ada sumbatan..jadi cairan itu semacam menjebol sumbatan tadi. Sakit banget. And it end up with..Aq pincang 2 hari.

Oiya selain promil alami yang pakai obat hormon yang kusebutkan tadi, ada lagi metode yang namanya inseminasi dan bayi tabung. Ini yang paling sering bikin orang bingung. Orang awam mikirnya inseminasi tuh ya bayi tabung. Padahal beda.

Simpelnya bilang. Inseminasi tuh pembuahan nya di dalam. Jadi sperma cowok dicuci dan diproses dulu dipilihin yang paling oke. Di saat yang sama cewek dimonitor kondisi telurnya. Diberi obat pembesar telur trus juga pemecah telur, semua di saat yang tepat sesuai monitoring. Di saat yang paling tepat pas telurnya berovulasi..ditembakkanlah (entah disemprot atau disuntik, intinya dianterinlah) sperma cowok yang udah diproses tadi. Nah prosesnya cewek di suntak-suntik, dicocorbebek, di USG transV dll. Lah cowok? cuman ngeluarin sperma euy..satu tangan mah juga bisa. Ups..

Nah kalau bayi tabung, itu prosesnya di luar. Gampangnya mungkin pembuahannya di tabung, pembuahan di luar, terus kalo udah baru dibalikin lagi ke rahim cewek. Prosesnya jauuuh lebih panjang, lebih banyak monitoring dan suntikan. Karena itu untuk memastikan tubuh gak menganggap telur yang udah dibuahi yang ditempelkan ke rahim tadi benda asing dan antibodi melawan. Kan berabe kalo badan ibu melawan janinnya. Itulah mangkanya perlu banyak suntikan ini-itu.

Okay guys..itu yah sekilas..seujung kuku banget bagian dari perjuangan Ibu, dan calon-calon Ibu yang lain.

We_Can_Do_It!

Anyway..ini juga perjuangan banget buat nulis di malam yang capek dan kekenyangan ini, demi memenuhi tekad #yucarajinnulis.

Maaf ya jika ada tulisanku yang bikin kurang berkenan.

With love😘

Yuca

Soto Ayam Paling Enak di Surabaya

Hai yang di Surabaya, ngrasa gak sih kalo salah satu yang terkenal dari Kota Surabaya adalah soto-nya? Kayaknya sih banyak orang Surabaya yang gak sadar bahwa soto Surabaya tuh enak dan khas.

Aq taunya sejak tinggal di Banjarmasin. Di sana ada tempat makan Soto Surabaya laris banget. Walaupun Soto Banjar gak kalah kondang, tapi Soto Surabaya tetap disuka. Kuah kuning aroma rempah..khas dengan bubuk koya dan kerupuk. Yak, di Jawa mah makan apapun harus ada kerupuknya, biar meriah.

Well, hampir setahun Aq tinggal di Kota Soto ini, Aq bakal ceritakan pengalaman hunting dari satu soto ke soto yang lain. Banyak banget yang enak, dan banyak banget yang belum kurasain. Tapi sejauh ini, bagiku yang paaaalinngg enak dari yang enak, yang tetep paling kusuka dari yang populer kata orang adalaaah…

Jeng jeng..Jeng jeng.. Nominees nya adalah: Soto Cak Har, Soto Kenari, Soto Kombes Duryat depan Oriflame, Soto Asli Pak Sadi Ambengan, Soto Cak To. Dan pemenangnya adalaahh…Soto Cak To.🎉🎊

Gak salah deh pilihan seleraku. Teryata soto ini legend loh..konon sejak 1985! Aq aja blom buka, alias blom lahir. Sampe sekarang Soto Cak To masih laris manis. Dalam sehari ngabisin sekitar 14 ekor ayam. Terus saking larisnya, pegawainya macam profesional gitulah kalau kubilang ya.. cepat tanggap, ramah, dan jarang salah. Mancaab..!

Here we goo..langsung kita review yaak sotonya, keburu laper. Review nominee yang lain sabar..menyusul, sambil cari-cari fotonya dulu di folder penyimpanan hehehe.

IMG20170519080927
Soto Ayam Cak To

Itu dia penampakan Soto Cak To. Kuahnya bening kaldu, gak bersantan plus bawang goreng dan bawang daun. Isiannya ada telur ayam separuh dan pastinya daging ayam. Nah di Soto Cak To ini bisa custom request ya. Pilih bagian mana dari ayam yang disuka. Bisa daging paha dada, jerohan, kulit, bahkan ceker. Kalo mau tau nih..yang bagiku special banget adalah kulit nya. Saking spesial nya, temenku kalo ke situ dagingnya cuman kulit doang.

Bagi yang gak suka nasi bercampur kuah soto, jangan lupa pesan nasi di pisah ya. Di Jawa pada umumnya memang kalau pesan soto ya nasi dicampur kuah soto. Hal ini agak kurang wajar bagi yang dari luar Jawa, yang mana mereka lebih suka nasi dipisah. Oiya, yang suka sayur kobis mentah rajangan, boleh minta nambah kok (kesukaanku).

Apa specialnya dengan kulit ayam di Soto Cak To? Kulitnya tuh yaa.. kenyaall. Gak empuk berlemak. Kayaknya sih iniselain karna ayam kampung yang memang lebih singset ya perawakannya, juga si kulit sudah melewati proses pemanasan. Bisa  jadi digantung di atas uap atau direbus lama biar lemaknya ilang. Kenyal2 gak berlemak kulitnya itulah yang bikin Aq pede pesen kulit nemenin daging paha yang kupesan. Kan gak berlemak..aman dong dietku, bhaay..😁

Kulitnya doang nih yang enak? enggak. Kuahnya pun sedap enyakk.. dagingnya daging ayam kampung banget. Gurihnya pas.

Pilihan minumannya pun lumayan lah..selain teh dan jeruk, juga ada es kelapa dan es blewah. Kalo Aq sih apapun makanannya, minumnya teh botol (udeh..pasti dah tau kan, gak perlu sebut merek)😉

IMG20170519080940
Suasana dalam rumah makan Soto Cak To

Selain makanannya, yang Aq suka dari soto ini adalah tempatnya. Jadi Soto ayam Cak To ini punya 2 versi tempat. Yang 1 PKL warung tenda biru gitu di pibggir jalan Undaan Wetan Surabaya. Walaupun PKL pelayanan tetep terstandar sih, wong yang disajikan sama. Pegawainya juga pake seragam.

Nah selain yang PKL (pedagang kaki lima) warung tenda di pinggir jalan, tapi ada juga rumah makan yang versi bersih dan “priyayi”. Lokasinya di dalam gang perais sampingnya versi PKL tadi. Tepatnya sih Gang Ngemplak I nomor 36. Masuknya gak jauh sih sekitar 300m. Di sinilah Aq selalu makan. Bersih dan lebih luas sih, jadi bikin makan tetep nyaman.

Yang pengen soto ini, jangan datang malem, karna jam Buka nya dari jam 06.00 sampe 17.00 doang. Tapi.. pas hari Minggu dan tanggal merah alias libur nasional mereka ikutan libur juga. Bahkan di Bulan Ramadan mereka libur sebulan penuh loh. Wenake reek..

IMG20170519083447
Soto Cak To yang di pinggir Jalan Undaan Wetan
IMG20170519083430
Gang samping soto Cak To pinggir jalan, tinggal masuk saja 300m kiri jalan ada Soto Cak To lagi.

Sekian dulu ya review kuliner si tukang makan tapi ngakunya diet ini. Nih ada foto koya kesukaan yang jadi cemilan wajib abis makan soto, saking wuenaknya hehehe.

IMG20170519082543

Soto Cak To Undaan Wetan Surabaya,

Jam Buka: 06.00 – 17.00 (kecuali Minggu & hari Libur Nasional)

Alamat Lokasi: Jl. Undaan Wetan 10, Gang Ngemplak I/ 36, Surabaya Telp. 031-5317845

-Yuca 👌

Gurih Maknyoss ala Richeese Fire Wings

Kalau lagi flu, greges, badan meriang gak enak badan..kalian pasti gak napsu makan kan yah? gak cuman Aq kan yah yang ngerasa begitu? Kita pengennya makan yang pedes2, biar ingus keluar dan plonggg.

Hari ini Aq greges parah plus batuk. Setelah 4 hari pilek parah. Gak napsu makan sumpah. Akhirnya Aq melanggar lah sumpah palapa-ku untuk tidak makan malam sebelum langsing. Sebodo amat lah, daripada Aq mati lemes gara2 gereges dan laper.

Aq memutuskan akan makan malem dengan ayam Richeese. dengan varian terbaiks dan terlarisnya, yakni Fire Wings! Yeayy..I’m on firem

IMG20170422110829

Alhamdulillah wa syukurilah Richeese Factory sekarang udah jadi merchant-nya Go-Food dari Gojek. Free delivery pulak, matabs jaya! Hemat hemat yang hemat. Nah, di menu Go-Food nya ada beberapa pilihan. Yang praktis sih paket.

Screenshot_2017-05-20-21-06-26-15.png

Yang paket pilihannya ada:
Hungry Box, paking ekonomis..25ribu dah dapet nasi, wings 2, terus perkedel (cheese croquette) 2 biji, enyaak. Sayang pas ini Aq lupa gak moto yah. Kelebihan paket ini adalah murce dan bikin kenyang bingits, tapi kekurangannya adalah firewings nya dikit, secara Aq penggemar fire wings.

Varian paketan lainnya yang jadi my most favorite one adalaaahh..yiak Combo Fire Chicken. Isinya nasi empat potong wing imut menggemashkan, dan minum. Minumannya biasanya pink lava yang rasanya Aq gak suka banget karna aneh kaya ea doger nanggung (tapi justru krna rasanya mirip kaya es doger ini malah bikin Erik sukak😅). Aq biasanya minta ganti teh.

IMG20170517203354
Combo Fire Wings

Tentang level kepedesannya..dulu banget tahun 2013 Aq pertama kalinya nyobain Aq pilih level 4 dari 5 level yg ada. Kupikir masih aman lah. Ternyata kepedesan bangeeetttsss..sampe gak tahan. 4 tahun berselang, aq nyobain level 3, dan menurutku itu yang pas. Pedes fire nya dapet, tapi rasa bumbu dan ayamnya juga masih bisa dirasain.

Oiya yang bikin beda dari Richeese Factory dibandingkan warung ayam warung ayam lainnya, selain maknyoss nya bumbu ayam varian fire, juga gurihnya saus keju yang jadi ciri khas. Walaupun ada warung ayam kesohor yang niruin bikin ayam keju pedas dan ayam berbalut saus pedaa, tetep aja gak bisa nandingin perpaduan mantab nya Richeese Factory. Kejunya asin gurih, dan bumbu BBQ nya manis asam pedas. Wenyaak..huhuhu..wenyak banget lah.

IMG20170515190953
Saking suka nya Fire Wings, Aq sering beli wing nya doang 6 tanpa nasi.

Tapi bagi penggemar Richeese Factory, tips nya sih jangan beli pas jam makan. Yakin rame, apalagi weekend. Panuh anak2 nuda dan alay alay deh ahahaha.. Yup, harga Richeeae Factory yang murah memang bersahabat dengan kantong anak muda. Apalagi rasanya enyaakk..

Btw, Aq nulis ini sambil ngeces dan menahan sekuat tenaga untuk gak order. Inget, walaupun enak jangan kebanyakan, inget lemak di perut 😁.

Yess..akhirnya berhasil manahan godaan Richeese Factory Delivery dan berhasil menyelesaikan misi hari ini untuk #yucarajinmenulis 😘

-Yuca

IMG20170422111339
Suasana Richeese Factory pas lagi sepi, baru buka.

Busy Book; Belajar dan Bermain dalam Buku

Halu haluu…

Yak, sebelumnya perkenalkan dulu biar sayang sama saya.. hihi,, saya adalah salah satu personil di Grup Supermommymums yang dari dulu pengen banget ikutan nulis disini tapi keduluan minder sama tulisan emak2 terdahulu, akhirnya pending mulu. Nama saya Bebs Vie. Sok imut yaa.. tapi biarlah, memang saya (dulunya) imut2 kok.. hehe…

Jadi kenapa akhirnya saya menulis juga disini, karena demi menepati janji saya buat pamer hasil karya kedua saya. Bweah.. Kaya maestro aja bikin hasil karya. haha… dan hasil karya saya adalah busy book. Yang awalnya saya buat karena hidup saya yang selo ga ada kerjaan sehari2nya, jadi iseng aja bikin prakarya buat Si Gimbrut Tingtungtingprut kesayangan. Trus dipamerin di Grup waktu Mak Yana nyinggung2 masalah busy book, dan akhirnya Mak Lia malah mupeng dan minta dibikinin juga.

 

busybook
Busy Book; ada tas anti debunya dunk, biar ga cepet kotor dan rusak. hehe

 

Waktu itu Mak Lia request yang agak susahan buat anaknya. Yang ada tantangannya. Jadi akhirnya harus mikir ulang, design ulang, disesuaikan benar dengan tugas perkembangan anak. Gak asal bikin kaya waktu bikin punya Gimbrut. Browsing2 deh apa aja tugas perkembangannya apa aja. Lalu dirangkumlah tugas2 perkembangan itu. Saya sengaja ambil untuk anak usia 3-5 tahun. Yang sekiranya anak sudah mulai mbeneh dan mau duduk anteng buat belajar dan berlatih untuk motorik halusnya.

Dan taraaa.. setelah browsing, meeting, dan prosuksi bareng adekku – karena ini memang job bareng sama si Adek – beginilah penampakan dari busy book pesanan Mak Lia untuk putri cantiknya Nayla.

 

cover depan
Cover Depan; cover ini bisa dijadikan media anak untuk belajar menguncir dan mengepang rambut. Selain itu juga untuk anak belajar mengeja namanya sendiri.
page1
Hal.1; fungsinya untuk anak belajar mengurutkan berdasarkan panjang sekaligus belajar mengenal dang menghapal warna pelangi. 
page2
Hal.2; halaman ini ditujukan untuk anak belajar menyamakan warna. Bisa sekaligus untuk belajar memakai kancing.
page3
Hal.3; fungsinya untuk belajar mengancingkan baju, dan sabuk. jadi itu di dalem baju dibagian roknya ada sabuknya. kemaren kelupaan buat foto sabuknya. hehe
page4
Hal.4; ini untuk belajar menalikan tali sepatu, sekaligus melatih motorik halus untuk memasukkan tali ke lubang2 sehingga bisa ditalikan dengan rapi.
page5
Hal.5; halaman ini untuk belajar menganyam, melepas dan memasang cantolan tas (ah, apa yaa bahasa indonesianya?), belajar memendekkan dan memanjangkan tali yang biasanya ada kaya di tali tas.
page6
Hal.6; disini anak bisa belajar mengenal angka latin dan angka arab sekaligus belajar menghitung jumlah.
page7
Hal.7; masih tentang belajar menghitung. Halaman ini untuk media soal berhitungnya.
page8
Hal.8; disini anak belajar mengenal waktu, membaca jam dinding, dan mengetahui juga menghapal waktu sholat wajib. Karena mungkin belum bisa membaca, jadinya yang waktu sholat saya kasih simbol2 awan, matahari, bulan, bintang yang juga bisa dijadikan patunjuk waktu.
page9
Hal.9; belajar mengenal dan menghapal huruf abjad.
page10
Hal.10b; belajar mengenal dan menghapal huruf hijaiyah.
page11
Hal.11; belajar mengenal alat2 transportasi dan tempatnya.
page12
Hal.12; disini anak belajar mengenal bentuk2 bangun datar. Maafkan letak layangannya yang kesannya diterbangkan dari tengah laut. hehe…
page13
Hal.13; disini untuk melatih short term memory. Maksudnya sih games memory gitu. Disini peran Emak sangat diperlukan untuk mengacak ornamennya, lalu si anak yang harus menyelesaikan untuk menemukan gambar2 yang sama.
page14
Hal.14; puzzle. Maafkan kalo tidak rapi. Ini bagian yang paling susah bikinnya.
cover belakang
Cover Belakang; bisa untuk sekalian belajar membuka dan menutup resleting, serta untuk menyimpan foto anak, biar ga ketukar kalo ada yang namanya sama. hihi… *abaikanjarikurusdantidaksexysaya

 

Loh, terus tugas perkembangannya apa aja?? yaa itu yang di caption fotonya. Kalo harus disebutin, catetannya ketinggalan di Indonesia. Ini masih minta tolong buat dicariin. Jadi sementara gini dulu lah. Kalo sudah ketemu, nanti di-update lagi tulisannya. Hehe…

Habis pesenan Mak Lia ini jadi, ada emak2 supermommymums yang lain yang pengen ikutan order, tapi saya belum bisa open PO lagi gara2 sekarang sedang ada di Negeri orang. Belum tau tempat buat beli bahan2 begini. Syedih rasanya…

Ya semoga gak lama setelah nulis ini bisa nemuin tempat yang nyediain bahan2 buat bikin busybook ini, dan harganya murah. Jadi bisa dicicil bikin disini, nanti pas pulang ke Indo tingga finishing bagian2 yang perlu dijahit pake mesin jahit.

Dan semoga busybook ini bisa menginspirasi emak2 yang lain untuk ikutan kreatif bikin media bermain sekaligus belajar untuk anak2nya. Boleh banget kalo mau ditiru. Barang kali ada yang bisa bikin lebih bagus dan lengkap dari bikinan saya. Tapi buat yang males tapi kok pengen, boleh banget juga kalo order ke saya. Asal sabar nunggu saya pulang dari Timur Tengah. hehe…

 

 

Kiss kiss..

Bebs Vie

Sedap Segarnya Ikan Sembilang, Kuliner Khas Gresik

Postang-posting muluk mbak, tumben! Yoi..lagi nganggur nih. wkwkkwk

Hai Mak (biasanya nyapanya gaes skarang mak, hehehe). Liburan ini Aq full nemenin Erik kerja. Dikarenakan gak ada kawan yg mau kuajak travelling, jadilah Aq sok-sok an sebagai istri soleha memberikan support ke suami di Gresik.
Judulnya sih nemenin..tapi sebenernya Aq nemenin dari rumah, doi di proyek kerja. Pulang tetep malem, berangkat tetep pagi. Mungkin dulu romusha jaman Jepang kerjanya kek gini juga kali ye.. Hari libur nasional tetep masuk..hari Minggu masuk..Sabtu apalagi.😕

Masih untung misi istri soleha kali ini disponsorin sama Mbak Ratna, teman kantor yang lebih sering dibully daripada dipuji, ups..hhahaha. Kami dipinjemin rumah. Walau harus nyapu, ngepel, ngosek gapapalah asal grateesss…hahaha.

Well, seperti sebelum2nya tiap Aq ke Gresik, pajak traktiran wajibnya adalah 2:
1. Ikan Sembilang di Manyar
2. Sambelan Sabar Menanti di Giri.

FB_IMG_1494733669373

Dibanding kulineran2 yang lain, dua itu juwaraaakkk..! Top markotop jos gandos margendos. Wajib fardhu ain pokoknya. Kalo gak mampir ke sini..siap aja kucemberutin terus sampe Surabaya.

Nah..siang tadi Aq ke Warung Sembilang di Manyar. (Alamatnya di Jl. Jembatan Manyar Gresik. Kalo dari arah Gresik kanan jalan..yg rame banyak mobil, sebelum jembatan). Dah sering banget sih kubahas di Instagram dan FB..saking wenaknyaaa.. 😁

IMG20170513120516.jpg

Dari komen2 di IG dan FB Aq pas cerita tentang ikan sembilang, sepertinya banyak yang belum tahu tentang ikan sembilang. Hasil dari googling sih memang ikan ini gak tenar-tenar amat karena ikan ini susah dicari para nelayan. Ikan sembilang bahkan disebut pemalu karena doi akan bersembunyi ketika nelayan datang (yaiyalah..emang ada gitu ikan yang nyodorin diri buat ditangkep..💤). Di google juga disebutkan kalo doi sebenernya juga salah satu ikan beracun yang berbahaya.

images (12)

Secara bentuk penampakan atau struktur tubuh si Sembilang ini mirip dengan ikan lele. Bedanya ia memiliki 3 patil, yakni ada 1 di punggung dan 2 di sirip. Sehingga beberapa orang menyebut ikan sembilang sebagai ikan lele laut.

Selain enak, gizi yang dikandung ikan ini bermanfaat juga karena kaya akan
Protein, Fosfor, dan Asam Lemak Omega 3. Sedangkan nutrisi karbohidrat dan lemak yang rendah sangat cocok untuk program diet. Meski bergizi, ikan agak serem juga dikonsumsi orang hamil. Menurut mitos sih..mitoos..konon memakan ikan ini saat kondisi hamil bisa menghilangkan bayi.😱

Ikan Sembilang Gresik. Sebenernya gak cuman di Manyar sih..di berbagai tempat di Kota Gresiknya pun ada, tapi memang yang terkenal sih di daerah Manyar. Terus kan..sebenernya yang paling terkenal itu Ikan Sembilang Pak Kasan, tempatnya jauh..di tengah2 tambak gitu. Terkenal banget sampe ada di ulasan2 kuliner bahkan sering masuk tipi. Seru kan..cuman ya Aq belum pernah nyobain yang situ. Abisnya jauh trus macet mak. Kapan itu pas niat mau kesana kena macet sejam. Nyerah, puter balik. Ke Warung Ikan Sembilang langganan aja deh.

Nah rasanya gimana sih? secara tekstur ya..berserat tapi empuk. Trus berlemak terutama bagian kulit. Jadi semacem kaya ikan patin gitu. Mungkin lemak2nya itulah yang bikin empuk n sedhepp nya hehehe.

Ikan ini dimasaknya bumbu asam pedas. Penampakan masakannya sih berkuah kuning macam soto. Rempah kunyit dan kaldu ikannya sama2 berasa, trus ditaburi daun bawang merah. Duh, segeerr dan sedepnya itu loh..saling berpadu mesra macam penganten baru. Rasa asem pedasnyaa..juwarak!

IMG20170513120909
Kalau mau nambah pedes sih biasanya ada sambel di meja..atau ada cabe rawit yang direbus “kemampul” di kuah. Trust me..tanpa tambah sambel n cabe pun dah cukup pedas.
Nah, udah ngomongin makanan utama, kita bahas pendampingnya nih. Apa minuman n pendamping yg cocok buat ikan sembilang? Kalo Aq sih apapun makanannya minunanya tetep teh botol sos*o. Kalo Erik sih slalu ambil kerupuk ikan..biar ada hiburan selingannya gtu..abis slluurpp nyruput kuah..trus krias kriuk makan krupuk wkwkwk

Soal harga, menimbang bahwa semua harga makanan di Gresik memang relatif mahal dibanding Surabaya..ya Ikan Sembilang ini lumayan lah.. Lumayan mahal! hahahahha😅. Kalo boleh jujur sih harganya gak jelas, kadang-kadang. Gak ada nota juga. Biasanya kami pesan 1 porsi+teh botol+kerupuk habis 56an rbu, kemarin habis 43ribu. 1 porsi ya gaaeess..eh mak ding..penghematan.

IMG20170513121633
Mengesampingkan mahalnya harga yg harus dibayar, ciyus ini kuliner selalu sukses bikin Aq jadi mendadak alim dan bahagia loh.
Iya alim..sepanjang makan menyebut “Ya Allah ini enak bangeet…enak banget ya Allah..”.
Dan langsung bahagia..damai menjalari seluruh tubuh #lebay .

Saking bahagianya habis makan Sembilang, sering kubilang ke Erik “sayang harus bersyukur punya istri Aq, gak perlu beliin tas Hermes, gak perlu bikinin candi, cukup beliin Aq ikan sembilang, dah bahagia” hahahaha

Okaayy..sekian dulu ya review kuliner Gresik dariku. Selanjutnya akan ada review2 kulineran lainnya. Semoga gak dianggep pamer yah, hiks..apalah Aq, kalo yang dipamerin cuma remah2 macem gini mah gak keren. Ini sebagai referensi kali aja ada yg butuh. Yah berkaca ke Aq yang kalo ke daerah baru, daripada coba2 bonda-bandi asal mampir, sering mengandalkan review kuliner dari internet. Selain buat catatan sih entah berapa tahun lagiiiii…mungkin Aq dah gak di Surabaya dan Gresik lagi, bisa keinget bagaimana berselera nya kuliner di situ.

Salam tetap makan enak asal jangan banyak2👍😉
.
-Yuca-

Beda Bayi Beda Rasa

Melahirkan

Assalamu’alaikum… 🙋
Bahas tentang lahiran yuk,, kita tukar pikiran. Ngga usah elus2 perut sambil ngernyitin dahi gara2 bayangin sakitnya lahiran yaa… Kita ngobrol santai…

Setiap ngobrol sama orang hamil, terus ditanya pengennya lahiran Caesar ato Normal? Kebanyakan pasti akan jawab normal. Kenapa?
Ya karena lebih natural, sembuhnya lebih cepet, bisa langsung berinteraksi dengan bayi (menggendong, menyusui, dsb).
Tapi ada juga yg memang ingin lahiran caesar loh, alesannya sih gak tahan sakit, minus di mata banyak, biar missV ngga kendor, gengsi karena biaya yg mahal, dsb.
Apapun pilihan kalian, aku sangat menghargai itu. Karena bagaimanapun caranya, yg namanya melahirkan adalah pengorbanan seorang Ibu demi buah hatinya dengan mempertaruhkan nyawanya. Pahlawan!!!

Banyak orang yg bilang, kalau belum lahiran normal kalian belum menjadi wanita sesungguhnya. Hmmmm…bener2 pernyataan yg kejam banget ini ya.😈 Padahal pengorbanan lahiran secara caesar itu lebih besar perjuangannya daripada normal. Gimna enggak?
Dengan lahiran caesar seorang Ibu harus rela disuntik tulang belakangnya untuk tujuan anastesi, perutnya disayat sampai lapisan terdalam dan menembus rahimnya, dijahit lebih banyak, masa penyembuhan pasca operasi yg lebih lama daripada normal, biaya persalinan yg lebih besar, dan masih banyak lagi.

Takdir.
Lahiran secara normal atau caesar tidak bisa kita prediksi. Ada yg dari awal hamil sudah divonis atau memang menginkan lahiran secara caesar tapi ternyata takdir mengatakan lain, dia bisa lahir normal. Dan sebaliknya.

Walaupun lahiran normal lebih banyak didambakan oleh Ibu2, bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Dengan melahirkan secara normal bisa saja terjadi hal:
1. Rusaknya kulit dan jaringan di sekitar missV. Saat proses keluarnya bayi, otot dan kulit akan melar bahkan bisa sobek (atau disobek) karena dianggap kurang lebar. Selain itu, pipis uncontrolled. Yaitu bener2 ngga bisa menahan kebelet pipis. Menurutku sudah tidak ada kata “kebelet pipis”, yg ada “pipis” karena saat kita bilang kebelet, pipisnya langsung ngucur gitu aja.
2. Akan timbul rasa sakit antara missV dan anus yg biasa disebut perineum. Walaupun tidak semua Ibu pasca melahirkan mengalami sakit ini. Yang jelas jika sampai mengalaminya, sumpah ini sakit banget. Efeknya saat kita BAB akan terasa sakit banget seolah anus diiris sring sring sring selama beberapa hari.
3. Kehabisan tenaga dan oksigen yg bisa saja berujung kematian. Hmmm….ini yg paling horor ya…

Cerita tentang lahiran caesar ato normal, aku pribadi menginginkan dan selalu berdoa/berharap bisa normal. Karena tidak ada yg membantu mengurus bayiku pasca lahiran nantinya. Jadi aku harus seterooong maak 💪💪💪
Proses lahiran anak pertama dan kedua pun beda banget. Anak pertama bener2 menghayati proses pembukaan 1-10 dengan diam dan meringis (karena belum sarapan). Rasa krues2 mulai kerasa pukul 01.00 dan lahiran pukul 12.00. Hampir 12jam mengidap penyakit pembukaan itu, alamak….legaaa pas bayi keluar. Bener apa yg banyak orang bilang, bayi keluar, kita lupa rasa sakitnya seperti apa.
“Beda bayi beda rasa”. Ungkapan ini bener banget. Waktu lahiran kedua, di mana bayi betah banget di dalam perut, menurut jadwal mens, bayi lebih 1bulan dari HPL (Hari Perkiraan Lahir), sedangkan menurut dokter lebih 10hari. Akhirnya terpaksa masuk RS tanpa adanya gejala pembukaan dan diinduksi (pil kecil dimasukkan ke missV agar melunakkan mulut rahim).
Pukul 13.30 aku diinduksi, pukul 15.30 bukaan 2, pukul 16.10 bukaan lengkap dan pukul 16.30 bayi lahir. Sesuatu. Subhanalloh!!!
Amat sangat bersyukur masih diberikan hidup. Dan permintaan maaf yg paling dalam untuk para Bidan dan perawat yg sudah saya tendang, saya remet2, saya marahi, saya crot in ketuban, saya marahin. Saya sangat minta maaf dan terima kasih banyaakkk… 😘😘😘

Hamil kedua ini memang penuh drama. Saat hamil 3bulan aku pendarahan yg lumayan banyak, sebanyak orang pipis, dari rumah sudah pesen ke Pak Suami misalkan janin ini tidak bisa diselamatkan, aku gak mau kuret. Ternyata bayi sehat, dan pendarahan terjadi karena placenta previa total, yakni placenta berada di bawah bayi sehingga menutupi jalan keluar (saat melahirkan). Dokter pun bilang kalau placenta gak mau naik sampai waktunya nanti, aku harus caesar. Ya Alloh…habis sudah rasanya, takut mak!!! Tapi tetep berdoa supaya ada keajaiban.
Setelah kejadian itu, setiap bulannya pendarahan atau flek tidak pernah mangkir dari absen, dia selalu datang menghampiri. Setiap kontrol ke dokter SPOG selalu deg-degan penasaran posisi placenta. Alhamdulillah, bulan ke 8 placenta mau naik, dan bisa lahiran normal. Terima kasih Alloh… 😍😘Alhamdulillah…. Alhamdulillah… Alhamdulillah 🙏🙏🙏

14956429_1456589107701990_1186587095805405680_n

Dua malaikat kecilku. Bener2 membuatku dan suami mengerti kasih sayang orang tua. Kenapa mereka melarang ini itu. Kenapa mereka marah2,, kenapa mereka over protect,, kenapa mereka kepo,, kenapa mereka bener2 jd stalker setia kita,, semua itu untuk kita,, kebaikan kita (peluk cium bapak ibukku 😘) . Sekarang tugasnya lebih berat lagi, yaitu mendidik mereka, memberi contoh yg baik, menjadi sahabat sejati mereka, memberi perlindungan mereka, dan selalu menjaga kasih sayang keluarga kami.
(nulisnya sambil baper pake netesin air mata bombay)

Klo ditanya masih pengen anak lagi? Jawabku, masih. Bukan karena belum punya anak perempuan, tapi karena aku suka punya anak banyak, rumah ramai, aku ngga suka rumah yg sepi. Anak laki2 ataupun perempuan bagi kami adalah sama,, merek semua adalah titipan yg harus kita jaga. Walaupun banyak yg bilang harus punya anak perempuan biar masa tua kita terjamin,, ada yg ngerawat. Halah… Anak lakik pun ada aja yg care sama orang tuanya,, anak cewek pun ada aja yg cuek.
Balik lagi ke masalah nambah anak,, aku mauuu bangeeett,,tapi ngga sekarang dan ngga dalam waktu dekat, nanti. Kapan? Kalau udah siap. Hahaha

Sekian curhatan gak pentingku kali ini. Curhatan biar tetep inget masa2 melahirkan. Biar gak lupa kalau ngeden melahirkan itu “tarik nafaaaasss….. Push!!!”,, bukan” tarik nafaaaassss…. Hembuskaaannn”,, seperti saat kelahiran yg kedua. 🙈😹

Terima kasih yg udah menyempatkan untuk membaca…. 😘

Wassalamu’alaikum…

 

-PS-

Jaim Dikit Napa!

Hai, anyway ini Aq posting dari HP yak, maaf kalau banyak typo.

Okay kenapa smpe mau banget nulis dari HP, karna mumpung inget.
Jadi ceritanya semalam pacaran kan sama Erik..makan di resto/cafe anak muda gitu..
secara cafe anak muda yak isinya adalah kapel yang lagi pacaran dong. Nah seperti biasa..kami sok sok lamtur..nge-jugde “pasti masih pacaran nih, masih baru”
“kok tau”
“lha tuh jaim2an, makannya kalem amaaatt”
“hahahaha”
“trus tu..yang cewek abis ngomong, senyum, langsung cepet2 mingkem biar giginya gak kliatan hahaha. Nah tuh ketawa ditutup2in tangan. Cobak kalo dah nikah yang..”
yah begitulah selalu kalo kami ngedate, sibuk nge-lamtur-in kapel lain..bahkan memfitnah. Loh? iyaaa.
“itu kayaknya pasangan selingkuh deh yang”
“kok tau?”
“tuh, kalo naik motor biasa mah ngapain mepet2 gtu..peluk2..gak wajar ituu”
(Astaghfirullah..pengakuan dosa saya sering memfitnah orang tak dikenal. InsyaAllah saya akan sekuat tenaga tidak mengulanginya lagi.)

 

Tentang jaim menurutku gak selalu jelek sih. Jaim lebih ke “behave, be nice”, menjaga perilaku supaya sopan santun. Bukan berarti fake ya. Karena memang harusnya sih dalam tatanan bersosial kn memang ada perilaku yg bagus untuk dilakukan ke public..ada juga yang cukup simpan sendiri. Pandai2 aja pilah2 itu.

Masalahnya Aq dari dulu gak pande..gak jago membedakannya. Jadi keinget sahabatku protes. Dia menganggap Aq yang saat itu dah kerja..mungkin umur 23-24taunan masih jomblo gegara Aq kurang jaim. Aq cerawakan..ketawa suka ngakak, bersikap suka seenaknya, ngomong suka over volume, walau gak overtone sih.

Trus dia bikin project untuk membuktikan hipotesanya. Sahabatku tu anak Kalimantan ya guys. Nah gak brapa lama dia ada kondangan nikahan temen SMA nya. SMA di Kaltim sono. Nah, pasti ketemu temen2 lamanya dong anak2 SMA nya dia. Rules of the game nya adalah..Aq ikut k kondangan, dan selama seharian cukup untuk perlu behave aja, no ngakak, no cerawakan, no ngeciwis. Jadi anak manis, bicara seperlunya, senyum sebanyak2nya wkwkwk.

 

Jeng Jeng..hari yang dinanti pun tiba. Kita ke kondangan. Sahabatku saling bersapa sama temen2nya dan gak lupa memperkenalkan Aq. Yak, usia segitu maak..usia jomblo2nya..usia radar peka2nya itu mah. Kerja di Jakarta, masi muda, bawaannya cari pasangan dah hahahaa. Dari kawan2 sahabatku ni ada beberapa mangsa, jiah mangsa. Beberapa cowok jomblo, dan dari latar belakang pendidikan dan kerjaan semuanya oke.

Habis kondangan kami bareng2 ke Ragunan. Aq sih seneng aja, secara Aq belum pernah ke Kebun Binatang Ragunan. Gak semua ikut, cuma beberapa sekitar 8 orang, ceweknya 3. Selama d sana jaim eeeuuyy..sampe pegel rasanya. Lihat kudanil nyembur aer Aq pengen teriak kegirangan gabisa. Lihat monyet, pengen ikut glantungan bareng gaboleh. Lihat ular, mau ikut nari ular tapi dilarang. Kebetulan juga pake wedges sisa kondangan, jadi jalan gak bisa buru2. Dan karna sbagian besar memang baru kukenal jadi Aq memang gak brani banyak omong. Cucok deh Yuca jaim nya sempurna!

 

Hasilnya? hahahahahhaa. Selama d sana sih ketahuan bangettt ada yang udah kepancing. Dah ndeket2 gtu..mbribik kalo bahasa Jogjanya hahaha (isin jane nulis koyo ngene). Sepulang dari situ, si mbribik ini melanjutkan aksinya. Dia menghubungi sahabatku..add medsosku, dan buka obrolan lanjutan. Ciyeee berhasil. Hehehe.

So, lanjut gak? Enggak. Kenapa? Aq gak naksir aja. Emang orangnya gimana? baik sih..lumayan ganteng, kerja d perusahaan luar gitu yang saat itu gajinya (konon) dah dobel digit. Nahlooo?! Cuman gimana ya..kurang keker wkwkwk.

 

Walaupun jomblo..dari kuliah Aq dah punya taksiran dan gak berubah tetep naksir dia walau dulu dia gk naksir Aq. Mangkanya dideketin yang lain pun gak ngaruh
Cowok yang kutaksir tuh keker (bah!). Yang jelas dia dah lihat Aq jelek2nya, dah tau Aq se-cerawakan2nya, sengeciwis2nya, segembel2nya tanpa make up. Dia yang dengannya Aq gak perlu dan gak peduli jaim. Dia suamiku. (eeaakk…).

FB_IMG_1494553772477
#alur tulisan gajelas banget
#sebenernya awal nostalgia itu karena
#Erik suamiku suka heran eh
#protes juga ding lebih tepatnya, gara2 Aq gak jaim. Dia bilang “sayang jaim dikit napa!” Aq nya sih tetep ogah. Itu semalam pas kejadian Aq makan tahu teryata panas, jadi Aq mongah2 mangap2 sambil ndangak2 😁.
#abis Erik ngomong gitu jadi nostalgia deh momen jaim sehari di Ragunan wkwkwk.

 

Salam nostalgia mengenang konyolnya kita. Kita masih muda!

FB_IMG_1494561658063
-Yuca-

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑